Peluang Bisnis Genset Untuk Beragam Keperluan

Hampir semua masyarakat modern masa kini memiliki bisnis tertentu untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidupnya. Salah satu bisnis yang sedang berkembang dan menjanjikan adalah bisnis genset. Genset atau generator set berguna untuk memenuhi kebutuhan listrik berbagai kegiatan seperti acara pernikahan, ibadah masjid, konser musik dan acara lainnya. Selain itu, peluang bisnis genset mudah dilakukan dan keuntunganya sangat besar baik dengan cara jual beli maupun penyewaan genset.

Memahami Jenis Genset

Sebelum memulai bisnis penting untuk memahami jenis-jenis genset. Seperti mesin genset diesel yang dapat  ditemukan di setiap rumah. Kapasitas mesin genset diesel mulai dari mulai dari 500 watt sampai 2.000.000 watt. Mesin genset gas tergolong praktis digunakan dan berbahan bakar gas alam seperti CNG dan LPG. Pada mesin genset gas harus dilengkapi dengan pipa gas.

Tujuannya untuk mendistribusikan secara langsung genset dengan bahan bakar seperti CNG. Selanjutnya adalah mesin genset turbin yang berkapasitas besar yakni lebih dari 2.000.000 watt. Genset turbin mampu memenuhi aliran listrik dalam skala besar. Selain itu, terdapat genset portable yang sangat praktis dibawa karena berukuran kecil.

Terakhir yakni mesin genset bensin dengan kapasitas maksimal 10.000 watt dan telah menjadi andalan semua orang. Berbagai jenis genset diatas dapat diperoleh dengan harga menggiurkan di jual genset makassar.

Bisnis Jual Beli dan Penyewaan Genset

Bisnis genset dapat dilakukan dengan dua konsep yaitu jual beli dan jasa penyewaan genset. Kedua konsep tersebut tentu membutuhkan modal dan tenaga kerja. Selain itu, calon pebisnis genset diperkenankan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari konsep jual beli dan jasa sewa. Pada kegiatan bisnis jual beli genset diperlukan modal cukup besar, analisis dan prospek bisnis, serta target pasar.

Biasanya peluang usaha jual beli genset dibuka di kota besar karena masyarakat kota menganggap genset adalah barang penting. Berbeda dengan jasa penyewaan genset yang banyak digandrungi oleh event organizer. Jasa sewa genset banyak dipakai untuk acara yang bersifat sementara seperti pesta pernikahan, konser musik, halal bihalal dalam skala sedang hingga besar.

Untuk proses memulai bisnis dalam usaha jasa sewa genset hampir sama dengan bisnis jual beli genset. Kedua konsep usaha genset tersebut juga memerlukan promosi. Perbedaannya terletak pada jasa penyewaan genset yang mematok harga sewa dalam kurun waktu tertentu.