Komponen Mesin Genset dan Fungsinya

Genset memiliki banyak sekali komponen yang harus dipelajari. Apabila Anda bekerja di bidang permesinan, maka mengetahui seluk-beluk mesin genset dapat mempermudah dalam melakukan perbaikan mesin. Bila terdapat kerusakan pada sparepart genset, maka Anda dapat membelinya di distributor genset Manado.  

Komponen Genset Beserta Fungsinya

Beberapa komponen yang terdapat pada genste yaitu mesin, alternator, sistem bahan bakar, voltage regulator, pendingin dan exhaust, bagian pelumasan, charger baterai, panel kontrol, dan kerangka utama genset. Setiap bagian tersebut akan memiliki fungsi masing-masing yang dapat Anda lihat sebagai berikut.

  1. Mesin

Mesin merupakan hal yang paling utama dan harus terus-menerus dilakukan perawatan, agar genset awet. Bagian ini merupakan sumber utama penghasil energy input untuk genset. Pada bagian ini Anda perlu untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin genset Anda. Beberapa bahan bakar yang biasa digunakan pada genset yaitu diesel, bensin, propana, atau gas alam.

  • Alternator

Bagian yang berikutnya yaitu alternator. Bagian ini berfungsi untuk menerima energi input yang ditransfer oleh mesin.  Kemudian, bagian ini akan mengubah energi input tersebut menjadi energi output.

  • Sistem Bahan Bakar

Bahan bakar yang masuk akan diolah menjadi energi di bagian tangki pembakaran. Jadi di dalam sistem bahan bakar ini terdapat penyemprot bahan bakar yang mempermudah bahan bakar untuk dibakar dan mengubahnya menjadi energi.

  • Voltage Regulator

Voltage regulator adalah bagian yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap tegangan yang dikeluarkan oleh genset. Jadi di dalam bagian ini akan terdapat bagian komponen AC dan DC serta komponen lainnya seperti exciter belitan, rotating rectifier, dan amature.

  • Pendingin dan Exhaust

Genset pada saat beroperasi akan mengeluarkan panas, karena adnaya gesekan antara logam dalam genset, seperti gerigi. Gesekan tersebut sudah pasti akan menghasilkan panas, sheingga membutuhkan sistem pendinginan yang baik.

  • Sistem Pelumasan

Dalam sistem pelumasan ini terdapat tangka pelumas. Anda harus mengecek bagian tangka tersebut secara rutin dan juga pelumas yang ada di dalamnya. Apabila pelumas sudah tidak baik, maka Anda perlu untuk mengganti pelumas tersebut.

  • Charger Baterai

Genset biasanya akan dioperasikan bersama dengan baterai. Pengisian daya baterai tersebut diharuskan untuk mendapatkan tegangan yang tepat.

  • Panel Kontrol

Bagian panel kontrol berfungsi untuk mengatur outlet listrik dan juga bagian yang perlu dikontrol lainnya.

  • Kerangka Utama

Struktur bagian terluar dari genset. Bagian ini juga diharuskan untuk ditanam atau digroundkan ke bumi.