Atasi Masalah Kloset Ngambek

Kloset yang tidak berfungsi dengan baik membuat kegiatan di kamar mandi menjadi terganggu atau bahkan terhenti. Sanitari adalah perlengkapan wajib yang harus ada di dalam kamar mandi. Kehadirannya sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas di dalamnya, mulai dari cuci muka, mandi, hingga relaksasi.

Baca juga : outdoor furniture

Oleh karena itu, perlengkapan sanitari harus berfungsi dengan baik sehingga kegiatan-kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Namun, adakalanya peralatan sanitari di kamar mandi tidak bekerja dengan sempurna. Salah satu peralatan sanitari yang paling sering bermasalah adalah kloset.

Bayangkan, jika saat akan menggunakannya, air dari kloset sangat lemah keluarnya atau tidak keluar sama sekali. Padahal Anda ingin buru-buru karena harus berangkat kerja. Kondisi ini mungkin bisa membuat Anda kesal atau bahkan mengganggu mood Anda untuk memulai kerja. Apa saja, sih, masalah yang biasa terjadi pada kloset? Berikut paparannya.

Air Kloset Bocor

Tangki air pada kloset tidak mampu menahan air, sehingga air di tangki mengalir terus ke kloset tanpa henti. Penyebabnya adalah katup flapper rusak. Katup flapper terletak di bagian tengah bawah tangki dan berfungsi mengirim air ke dalam mangkuk kloset melalui proses buka tutup flapper.

Kerusakan katup bisa disebabkan usianya yang tua dan sudah aus. Kadang-kadang rantai flapper juga bisa terjebak di bawah flapper, sehingga menyebabkan tangki air tidak dapat menahan air. Jika bagian ini mengalami masalah, cukup melepaskan 2 karet flapper pada katup flush dan menggantinya dengan flapper yang baru.

Air Tangki Kloset Tumpah

Air dalam tangki kloset seringkali meluap (tumpah) ke luar. Hal ini disebabkan katup pengisi air pada tangki kloset mengalami masalah. Katup pengisi air yang terbuat dari plastik ini, terletak di sudut kiri tangki. Kerusakan katup terjadi karena seal karet telah aus, sehingga menyebabkan katup tidak bisa menutup dan air terus mengalir.

Cukup matikan pasokan air ke tangki, yang terdapat di belakang kloset. Kemudian, buka tutup katup pengisi dan cungkil segel menggunakan obeng. Lakukan dengan perlahan sambil tekan katup pengisi, untuk membuka segel karet. Setelah itu, ganti dengan karet segel katup yang baru.