Desain Rumah yang Hemat Energi

Dengan mendesai rumah yang hemat energi, pengeluaran listrik bulanan pun bisa ditekan semaksimal mungkin. Berikut ini adalah penjelasannya. Memiliki rumah di daerah beriklim tropis memang harus siap dengan udaranya yang panas. Bagi sebagian orang, udara yang panas bisa diatasi dengan menggunakan pendingin ruangan, seperti air conditioner (AC) dan kipas angin. Demikian pula ketika rumah terlihat gelap karena pencahayaan tidak bisa masuk dengan optimal, sebagian besar penghuni pun akan memilih menghidupkan lampu sepanjang hari.

Sebulan atau dua bulan, mungkin pengeluaran ini tidak terasa bagi Anda. Namun, bila terus-menerus, coba hitung berapa banyak energi yang dihabiskan untuk menyalakan AC dan lampu sepanjang hari. Lalu kalkulasikan dengan biaya yang harus dikeluarkan selama per bulannya. Luar biasa besar bukan?

Sementara itu, desain rumah saat ini yang dibuat oleh pengembang kebanyakan tidak memikirkan tata pencahayaan dan sirkulasi udara. Karena keterbatasan ruang, para pengembang seakan memaksakan tata letak rumah yang berdempetan hingga satu-satunya jalan keluar dari rumah tersebut adalah bagian depan. Banyak rumah kini yang hanya memiliki jendela di bagian depan sementara bagian samping dan belakang merupakan tembok yang langsung menempel pada dinding tetangga.

Tipe rumah seperti itu memang merupakan tipe rumah yang selalu boros energi setiap hari. Penghuni tidak memiliki pilihan lain, kecuali menghidupkan banyak lampu di siang hari karena sinar matahari tidak dapat masuk ke bagian dalam rumah mengingat jendela yang tersedia hanya di bagian depan.

Tak heran, bila hal ini tentu saja membuat tagihan listrik Anda “membengkak” setiap bulannya. Sebenarnya, penggunaan AC, kipas angin serta lampu bisa diminimalkan bila desain rumah Anda benar-benar mempertimbangkan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara dengan baik.

Selain bisa menghemat energi, pencahayaan dan sirkulasi udara yang berjalan optimal juga mampu menciptakan sebuah rumah yang sehat bagi penghuninya. Untuk mewujudkan rumah yang mampu memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat mengikuti desain rumah ideal berikut ini.

Sumber energi listrik cadangan lainnya adalah menggunakan mesin generator set atau sering juga disebut dengan genset. harga genset untuk rumah tangga yang murah bisa dibeli pada distributor genset silent 1000 kva di Malang. Salah satu distributor resmi genset di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon dan bergaransi.