Rumah yang Hemat Energi Bagian 2

Tak hanya itu, kehadiran jendela besar-besar dengan sistem geser membuat intensitas cahaya yang masuk dapat diatur dengan cara mudah. Tinggal digeser saja. “Kalau pemilihan furnitur di rumah ini lebih banyak Indra yang memutuskan. Umumnya didominasi bahan kulit biar terkesan maskulin dan bagi aku juga enggak repot karena mudah dibersihkan,” tutur Mona.

RUANG FAVORIT

Tanpa pintu, ruangan menyambung langsung ke area ruang makan sehingga kegiatan di kedua area itu tidak terbatasi. Ruang makan menjadi ruang favorit Mona dan keluarga. Pasalnya, di ruang ini segala aktivitas dilakukan mulai dari belajar, mengobrol, hingga makan bersama. Bagian atas ruang makan adalah area void dari lantai 2, sehingga plafonnya menyatu dengan plafon lantai atas. Tepat di hadapan ruang makan, sebuah pelataran taman luas menjadi pemandangan yang menenangkan.

Banyaknya bukaan membuat sepoi-sepoi angin dan paparan cahaya alami matahari dapat dengan leluasa memasuki hunian. Hal inilah yang membuat pasangan ini menyebut rumah mereka, rumah hemat energi. “Di ruang keluarga dan ruang makan ini kita jarang menggunakan AC karena sudah ada angin dari luar dan ruangan pun sudah cukup terang karena dapat sinar matahari yang cukup.

Jadi kami enggak banyak pakai lampu dan AC. Hemat, kan?” ujarnya sambil tersenyum. Konsep ruang yang serba terbuka membuat segala aktivitas yang dilakukan ketiga anaknya, Davina Syafa Felisa (12), Barata Rahadian Nezar (6), dan Syanala Kania Salsabila (3) dapat terpantau dengan baik. Hal ini membuat Mona berkesimpulan, tidak hanya hemat energi, rumahnya pun ramah dan aman untuk anak.

Arti Rumah Buat Mona

Rumah bagi saya adalah tempat terhangat untuk pulang. Rasa lelah seakan lenyap ketika sudah pulang dan melihat anak-anak. Konflik seperti apa pun yang saya hadapi di luar pun sirna dalam sekejap. Rumah benar-benar jadi tempat istirahat terbaik, tidak hanya untuk badan tapi juga jiwa. Tidak hanya rumahnya yang dibuat nyaman, tetapi hatinya juga dibuat nyaman. Sehingga, bila anak-anak sudah besar nanti, mereka tetap menganggap rumah adalah tempat ternyaman untuk kembali pulang.

Agar AC tetap menyala disaat listrik sedang padam tentunya dibutuhkan sumber listrik cadangan seperti genset. Sehingga semua kenyamanan yang ada di rumah tetap terjaga. Untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya di toko suplier resmi genset silent di Surabaya. Satu-satunya suplier resmi adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon serta garansi resmi.