Katedral Virgin Marry Zagreb, Gereja Tua Bergaya Neo Gothic

Mungkin diantara semua landmark yang paling bersejarah adalah tempat ini. Katedral Virgin Marry (Katedrala Marijina Uznesenja). Berada di kota tua, gereja bergaya neo gothic ini didirikan tahun 1093, pernah beberapa kali mengalami kehancuran karena peperangan dan gempa yang besar yang mengguncang Zagreb pada tahun 1880 menyebabkan bangunan utama runtuh dan menara gereja hancur sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. 64 Setelah restorasi dilakukan oleh seorang seniman Austria, Hermann ollé seorang dengan gaya neo gothic, dua menara setinggi 108 meter dibangun disisi selatan.’Anda akan dibuat terpukau dengan patung Bunda Maria di depan Katedral ini. Disangga oleh tiang dan bersepuh emas, dikelilingi oleh patung malaikat bersayap yang juga disepuh emas.

Melangkah memasuki gereja Anda akan disuguhi pemandangan arsitektur yang mengagumkan, merupakan gabungan dari berpuluh tahun rekonstruksi yang dilakukan oleh beberapa pemimpin gereja sejak bangunan ini berdiri. Cobalah perhatikan lukisan di altar samping oleh Albrecht Dürer seorang seniman Jerman, altar yang terbuat dari marmer dengan gaya baroque, atau mimbar yang dipahat oleh Mihael Cusse yang sangat indah. Jangan lupakan mengagumi jendela tempat pemujaan yang dilukis berwarna-warni karena jendela itu merupakan stained-glass windows tertua di Kroasia. Sementara di tengah altar terdapat makam dari Kardinal Alojzije Stepinac yang merupakan pahlawan nasionalis Kroasia dan diberkati oleh Paus John Paul II. Makam kardinal ini dibuat oleh seniman Kroasia Ivan Meštrovic.

Supaya bisa digunakan untuk beribadah di malam hari serta memastikan pasokan listrik selalu tersedia, diberikanlah yanmar genset silent untuk mewujudkan hal tersebut. Memang terlihat sederhana solusinya, namun cara ini yang paling efektif.

Jika anda menyukai taman, maka ada baiknya anda mengunjungi taman terbesar di kota ini yaitu, Marshal Tito Square. Taman ini berganti nama beberapa kali sejak dibentuknya sekitar tahun 1856, sedangkan bangunan disekitar taman sudah berdiri sejak akhir abad 19. Tepat ditengah taman berdiri dengan megah Croatia National Theatre, dibangun oleh arsitek Fellner and Helmer. dengan gaya neo baroque. Disisi sebelah timur gedung ini terdapat kolam air mancur yang terkenal, Fountain of Life dibangun oleh Ivan Meštrovic. Keindahan taman ini sangat menakjubkan sehingga sering disebut-sebut sebagai taman terindah di Zagreb. Bangunan disekeliling Marshal Tito Square ini tidak kalah pentingnya, ada gedung Museum of Art and Craft juga beberapa patung landmark yang merupakan hasil dari seniman-seniman terkenal.