KULIT SEHAT BERKAT BERAS & SUSU

Sebelum kita ungkap “rahasia” tentang beras dan susu, yuk kita kenali dahulu perihal kulit itu sendiri. Kulit merupakan bagian penting pada tubuh karena berfungsi sebagai salah satu pancaindra, yakni indra peraba. Jadi, dapat dipahami bila kulit memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Apalagi kulit menyelimuti hampir seluruh permukaan tubuh meski wujudnya sangat tipis. Tebalnya rata-rata 1—2 mm, kecuali pada telapak tangan dan kaki yang ketebalannya bisa mencapai 6 mm. Pada tubuh manusia, kulit merupakan komponen penyusun tubuh yang paling berat yakni sekitar 15% dari berat badan. Fakta menarik lainnya tentang kulit, ternyata kondisi metabolisme tubuh seseorang memengaruhi kondisi kulitnya. Karena itulah, kulit sering dikatakan menjadi cerminan kesehatan seseorang. Seperti apa sih ciri kulit yang sehat itu?

* Kenyal.

Kulit yang kenyal menunjukkan bahwa jaringan ikat kulit, yaitu kolagen dan elastin, masih diproduksi dalam jumlah cukup dan dalam keadaan baik. * Memantulkan cahaya. Kulit yang sehat akan tampak bersinar. .

* Lembap.

Kulit yang lembap akan selalu terlihat segar karena terjaganya kadar air dalam kulit.

* Bersemu

kemerahan. Kulit yang bersemu kemerahan menandakan bahwa pembuluh darah menutrisi kulit secara optimal, sehingga kulit mendapatkan asupan gizi yang cukup.

DI BALIK KULIT SEHAT & BERSERI

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan indah, tentu membutuhkan perawatan. Mandi dua kali sehari, misal, bermanfaat untuk menjaga kebersihan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Langkah lain adalah mempertahankan kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap secara teratur. Pelembap berguna demi menjaga kandungan air pada lapisan kulit paling luar. Kulit merupakan organ tubuh yang paling cepat kekurangan cairan, karena penguapan akibat paparan sinar matahari, polusi serta, radikal bebas.

PENTINGNYA NUTRISI BERAS & SUSU UNTUK KULIT

Terkait dengan itu, beras dan susu telah lama dipercaya bisa membuat kulit lembut, bercahaya, dan sehat. Beras mengandung banyak zat gizi, seperti: protein, vitamin (vitamin E, A, dan C), serta beberapa mineral (Mg, Zn, dan Cu) yang dibutuhkan tubuh. Susu pun demikian, mengandung vitamin A dan D yang dapat menjadikan kulit lebih lembut. Sementara kandungan mineralnya berkhasiat meningkatkan kekuatan sel kulit sehingga membuat kulit lebih sehat dan kenyal. “Nah Mam, kebayang enggak kalau kebaikan dari nutrisi beras dan susu dibuat untuk perawatan kulit bayi. Penasaran? Tunggu pembahasan lebih lengkapnya minggu depan yaaa…!