Ciptakan Robot Berkendali Android

Teknorus.com – Perkembangan dunia robotic di Indonesia cukup cepat. Sekolah-sekolah telah mulai memperkenalkan dunia robotic kepada para siswasiswinya.Bahkan kini beberapa siswa sekolah telah ikut dalam ajang kompetisi robotic. Kecanggihan teknologi smartphone alias telepon pintar yang berkembang pesat, membuat Rian Wardana dan Alvier Vinandriyano merasa tertantang. Dua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 70 Jakarta ini memanfaatkan waktu luang mereka membuat robot beserta aplikasi Android untuk mengendalikannya.

Baca juga : Gudang Movie

Rian yang telah tergabung dalam Seksi Karya Ilmiah Remaja 70 (SKIR70) berhasil menciptakan inovasi, salah satu hasil ilmiah Rian yang redaksi SINYAL intip yaitu Scout Ground Vehicle Robot (SGVR); robot yang pergerakannya dikendalikan oleh smartphone lewat aplikasi sistem operasi Android. Rian Wardana dibantu oleh Alvier dan teman SKIR70 lainnya berhasil menyelesaikan robot ini kurang lebih tiga bulan. Dengan biaya sekitar tiga juta karena banyak trial n error yang terjadi. Tapi itu bukan kendala utama, karena prestasi bisa membuat mereka bangga.

SGVR pernah menang di beberapa kompetisi misalnya, Juara 2 di Robotic Day SMA 28, Juara 4 di Parahyangan Robotic Competition 2014. Apa itu SGVR? SVGR adalah sebuah wahana robot penjelajah kendali jarak jauh dengan sistem pencitraan tanpa kabel. Robot ini berfungsi untuk melaksanakan tugas penjelajahan dan pemantauan pada area yang berbahaya sementara operator melakukan kontrol robot ini dari area yang aman dari jarak jauh. Jarak kontrol maksimumnya sejauh 2500 meter. Keren, kan?

SGVR mampu melakukan tugastugas berat yang mampu dilakukan oleh robot profesional pada umumnya dengan harga yang lebih terjangkau dari robot profesional untuk kegunaan yang sama. “Kami menyadari kenyataan bahwa banyak lembaga di Indonesia yang telah memiliki robot penjelajah dan pemantauan jarak jauh yang tangguh dan berteknologi tinggi. Namun karena harganya yang mahal operator cenderung merasa ‘sayang’ untuk menerjunkan robot mahal itu untuk operasi fullscale sesungguhnya,” ujar Rian.

“Atas dasar kenyataan itu kami tertantang untuk mengembangkan suatu wahana yang bukan saja mampu melaksanakan operasional pemantauan dan penjelajahan jarak jauh dengan tangguh, namun juga memiliki harga seminimal mungkin dan konstruksi perakitan sesederhana mungkin. Sehingga jika saja SGVR ini hancur saat pengoperasian berbahaya, lembaga terkait bisa dengan mudahnya membeli kembali dan merakitnya dengan cepat,” tambahnya. SGVR Control merupakan sebuah papan elektronik yang mengatur masukan pengguna untuk mengendalikan wahana SGVR.