Mengukur Performa Graphics Card

Seri graphics card yang sama bukan berarti dapat menghasilkan performa yang sama. Apa saja sebenarnya yang menentukan performa graphics card? Pada saat Anda memilih graphics card, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari budget, jenis gra phics card, hingga harus menyeimbangkan konsumsi daya graphics card dengan power supply yang diguna kan. Jika sudah menentukan jenis graphics card yang akan dipilih, coba bandingkan lagi dengan produk sejenis lainnya. Pada beberapa graphics card, menggunakan nama dan seri yang sama belum tentu memiliki spesifikasi yang sama. Dengan spesifikasi yang berbeda, performa yang dihasilkan pun turut berbeda. Pada beberapa seri produk, produsen graphics card terkadang merilis beberapa varian dengan nama marketing yang sama.

Contohnya saja graphics card NVIDIA GeForce GT 630. Saat dirilis pada 24 April 2012 lalu, graphics card ini menggunakan GPU GK107 yang di dalamnya terdapat CUDA Core sebanyak 192 unit. Memori yang digunakan berjenis DDR3 sebesar 1 hingga 2 GB. Lalu pada 15 Mei 2012, masih menggunakan nama yang sama, NVIDIA merilis lagi dua varian GeForce GT 630. Berbeda dengan sebelumnya, keduanya menggunakan GPU GF108 dengan CUDA Core 96 unit. Keduanya pun memiliki besar memori yang sama, yakni 1 GB. Perbedaannya hanya terletak pada jenis RAM yang digunakan. Satu varian menggunakan memori berjenis DDR3, sedangkan yang satu lagi menggunakan memori GDDR5.

Setahun setelahnya, GeForce GT 630 kembali rilis dengan varian yang berbeda. Kali ini, graphics card ini menggunakan GPU GK208. Sementara RAM yang digunakan berjenis DDR3 sebesar 1 hingga 2 GB. Interface yang digunakannya pun menyusut menjadi PCI Express 2.0 x8. Meski tampil lebih mungil dengan interface PCIe 2.0 x8, GPU GK208 yang digunakan pada graphics card ini menawarkan CUDA Core yang lebih banyak, yaitu 384 unit. Lalu manakah varian yang memiliki performa paling kencang? Apakah jumlah CUDA Core yang lebih banyak membuat performanya meningkat drastis?

Atau justru dengan menggunakan interface PCIe 2.0 x8 membuat performa graphics card menurun? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, gunakan dua graphics card GeForce GT 630 yang berbeda varian. Kedua graphics card tersebut adalah ASUS GT630-2GD3 dan ASUS GT630-SL-2GD3-L. ASUS GT630-2GD3 menggunakan GPU GF108 dengan CUDA Core sebanyak 96 unit. Sedangkan ASUS GT630- SL-2GD3-L menggunakan GPU GK208 dengan CUDA Core sebanyak 384 unit. Meski CUDA Core yang digunakan lebih banyak, graphics card ini menggunakan interface PCIe x8. Manakah yang lebih kencang?